Tentang coklat


Asal Cokelat

Aneka permen cokelat yang kita kenal, dibuat dari tanaman cokelat atau kakao. Biji buah kakao yang telah difregmentasi, dijadikan serbuk yang disebut cokelat bubuk. Cokelat bubuk inilah yang lalu diolah menjadi aneka makanan dan minuman yang bercita rasa cokelat. Dan, sstt…tahu, tidak…Buah kakao yang tanpa biji bisa difregmentasi untuk dijadikan bahan makanan hewan ternak, lho…

Saat ini ada beragam jenis cokelat yang dijual di gerai-gerai permen atau makanan. Sebenarnya, semua cokelat itu terdiri dari tiga macam cokelat. Yakni white chocolate (cokelat berwarna putih), milk cocholate (warnanya coklat muda), dan dark chocolate (warnanya cokelat tua).
Lho, namanya cokelat tapi warnanya, kok, putih?

Sebenarnya semua jenis cokelat itu sama-sama terbuat dari lemak nabati yang berasal dari tumbuhan kakao. Cuma bedanya, cokelat putih lebih banyak mengandung susu dan tidak diberi bubuk kakao sehingga warnanya tidak berubah menjadi coklat. Milk chocolate atau cokelat susu, mengandung banyak susu tapi diberi sedikit bubuk kakao sehingga warnanya coklat muda. Sedangkan dark chocolate, tidak mengandung banyak susu tapi justru kandungan bubuk kakaonya banyak sehingga terasa lebih pahit dan berwarna coklat gelap.
Jadi, nama asal cokelat bukan berasal dari kata warna coklat. Jika kebetulan warna cokelat itu coklat, karena faktor bahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggris, cokelat adalah chocolate dan berwarna brown (coklat).

Sejarah Ditemukannya Cokelat

Nah, dari mana sebenarnya cokelat berasal? Hm, konon zaman dahulu, penduduk Maya dan Aztek yang tinggal di Amerika Selatan adalah orang yang pertama kali menggunakan kakao sebagai campuran dalam makanan minuman mereka. Hingga pertengahan abad XVI, kakao alias cokelat akhirnya mulai dikenal oleh bangsa Sapnyol

Awalnya, bangsa Spanyol pun tidak tahu bahwa cokelat bisa dimakan.Hingga suatu ketika di masa itu, penjelajah Spanyol, Hernando Cortez, bersama anak buahnya terkesima dengan tradisi salah satu pemimpin bangsa Aztek, Montezuma, meminum “xocalat”. Minuman Xocalat itu tak lain terbuat dari campuran lumatan biji cokelat dan air dingin. Montezuma meminum cairan cokelat cokelat pahit itu dari cawan emas khusus sebanyak beberapa kali dalam sehari. Orang Spanyol lalu meniru dengan mencampurnya bersama hazelnut, almond, maupun kayu manis. Setelah itu, cokelat lalu makin populer di Amerika Utara, Afrika, hingga Asia.

Di Indonesia, tanaman cokelat sebenarnya sudah mulai dikenal sejak tahun 1560. Tapi mulai dibudidayakan secara serius pada tahun 1951.


Ragam Coklat

Saat ini jenis varitas biji coklat yang dipakai untuk pasaran dunia adalah Criollo, Forastero dan Trinitario. Criollo, banyak di temui di Amerika Tengah, Kepulauan Karibia dan Amerika Selatan bagian Utara. Criollo merupakan variates yang paling mahal harganya. Di samping proses pertumbuhannya yang tidak mudah karena sangat bergantung pada lingkungannya, rasanya pun paling memikat. Ibarat bawang, rasanya dikabarkan memiliki layar-layar. Semakin lama, semakin nikmat rasanya.

Forastero merupakan varietas kebanyakan. Daerah yang menjadi penghasil terbesar varietas ini rawa Amazon dan benua Afrika. Trinitario merupakan coklat hibrida yang memiliki banyak jenis rasa.

Rasa sebenarnya biji coklat adalah pahit. Untuk menjadi sajian yang lebih nikmat, biji coklat ini dicampur dengan berbagai bahan. Dan jadilah seperti yang dijual di berbagai supermarket.

Campuran itu melahirkan berbagai jenis coklat, seperti dark chocolate (campuran gula, cocoa butter, coklat cair dan kadang ada rasa vanilla), milk chocolate (campuran gula, cocoa butter, coklat cair, susu dan vanilla) dan white chocolate (campuran gula, cocoa butter, susu dan vanilla).

Dark chocolate yang paling enak rasanya dibuat dari 70% cocoa (solid maupun butter). Untukmilk chocolate paling tidak terdapat 50% cocoa untuk menghasilkan rasa yang yummy. Sementara, untuk white chocolate hanya diselipkan 33% cocoa agar menghasilkan rasa yang pas.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 TUGAS KU. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy